20 December 2014

dan kami telah melewatinya ... "kanonik"

oh. emji.

itu satu kata yang bisa aku ungkapkan setelah berdeg-deg-an ria selama perjalanan ke gereja sampe kelar diwawancarai romo. ya seperti yang kalian baca, judulnya mendeskripsikan kalo aku dan si-mas abis apa?? yap, abis kanonik.

buat yang masih gak paham kanonik itu apa, dalam gereja katolik, ini adalah tahap yang harus kudu wajib dilalui kalau kalian mau menikah. ini tahap menentukan apakah kalian benar-benar mantap menurut pandangan si romo dalam wawancara itu.

nah, sebelum hari H, si-mas udah janjian sama si romo buat kanonik, dapetlah jadwal jam 2 di hari sabtu ini. pas jam 1, siap-siap masih woles, pas jam 2 kurang 15 menit tiba-tiba perut mules dan tangan gemeteran, syndrome gugup. eh terus pas dicariin sama staff yang kerja di gereja, romonya lagi gak ada, gak tau harus bahagia atau sedih.

10 menitan menunggu, akhirnya romo datang dari antah berantah. sambil berbisik-bisik sama si-mas yang malah keliatan seneng karena romonya ada >.< terus disuruh nunggu lagi sambil romonya siap-siap. terus dipanggil ke ruang konsultasi dan beliau nulisin data kami satu persatu dan jeng jeng.. perutku berbunyi merdu sekali kayak terompet, oh. emji. aku yang ternyata belom makan siang, cacing perutku pada bikin malu T_T tapi karena pada stay cool, aku diem aja sambil colek-colek si-mas..

akhirnya disuruh salah satu keluar dahulu untuk di wawancara personal, terus setelah si-mas keluar, aku yang masuk dan selesai wawancara, aku dan si-mas dipanggil berdua dan diberi wejangan szuper sedikit dan beres. oh. emji. CUMAN segini ajah. ya bersyukurnya adalah, pertanyaan yang kami sudah diskusikan, gak keluar, kayak mau ujian kan pake diskusi ^^

ternyata sensasi kanonik itu, oh. emji. banget. kalian harus rasakan sendiri, tentunya sama si pasangan yah :p terus untuk pertanyaannya ya, kalo anda beruntung, si romo hanya bertanya sesuai lembar pertanyaan yang sudah baku / standart. kalo aku baca di blog yang lain sih ada yang nanya lebih dari lembaran itu.

inti dari kanoniknya sih, kamu dan pasangan sejalan dan seirama gak jawabannya. jangan sampe beda visi dan misi, karena itu jadi penilaian bahwa kalian belum siap atau belum sejalan. pernah denger sih, ada yang akhirnya tersadar dan gak jadi menikah.. ngeri.

oke, sekian dulu, ciaobella~

No comments: